Babinsa dan Masyarakat Bersatu Lawan DBD: Pembersihan Lingkungan dan Pemeriksaan Jentik Nyamuk

Mataram, NTB – Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kebon Bawak Timur, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan, Sertu M. Zulhamdan, Babinsa Kelurahan Kebon Sari Kecamatan Ampenan, bersama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pejeruk, melaksanakan kegiatan pembersihan dan pemeriksaan jentik nyamuk, Sabtu, (1/6/2024).

Kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan difokuskan pada pembersihan lingkungan serta pemeriksaan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Babinsa Sertu M. Zulhamdan, menyampaikan, “kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yang bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mengurangi risiko penyebaran DBD,” ucapnya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rutin melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah masing-masing. Kerjasama yang baik antara masyarakat, Dinas Kesehatan, dan aparat kelurahan sangat penting dalam memerangi penyebaran DBD,” ujar Sertu M. Zulhamdan.

Lurah Kebon Sari Drs Mustaal juga mengapresiasi langkah proaktif ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkala. “Dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari ancaman DBD,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pejeruk ibu Lastri M.Kes., menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “DBD bisa dicegah dengan 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur barang-barang yang bisa menampung air. Kami akan terus melakukan edukasi dan pemeriksaan rutin untuk memastikan lingkungan kita aman dari nyamuk pembawa DBD,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan berperan aktif dalam upaya pencegahan DBD. Pendim Mataram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *