Pelatihan Siaga Gempa di Sekotong Barat Gandeng BMKG dan TNI-Polri

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sekotong Barat, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-06/Sekotong, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram mengikuti pelatihan lapangan yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat (Lobar) di Hotel Sundencer, Dusun Pandanan, Desa Sekotong Barat, Lobar, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan ini juga di hadiri berbagai tokoh penting dari berbagai Lembaga, seperti PJ. Sekda Kabupaten Lobar, Drs. H. Fauzan Husniadi, M.M., dan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Mataram (BMKG) Ardianto Septiadhi, S.Si., Pabung Lobar Kodim 1606/Mataram, Letkol Inf Abdul Haris, S.H., M.H., Komandan Koramil (Danramil) 1606-06/Sekotong, Kapten Inf Muhadi, serta Babinsa Sekotong Barat Serka Saeful Bahri, Camat Sekotong, Anggota Polres Lobar, Asosiasi Perhotelan Lobar, peserta dari berbagai instansi peduli bencana dan pelajar.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antar lembaga dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tindakan pencegahan dan respons yang tepat saat terjadi gempa bumi. Dengan kehadiran perwakilan dari BMKG, polisi, TNI, camat, kepala desa, dan kelompok masyarakat peduli bencana, serta media massa, pelatihan ini menjadi forum penting untuk pertukaran informasi dan strategi dalam menghadapi bencana,” tutur Pj. Sekda Kabupaten Lobar Drs. H. Fauzan Husniadi, M.M.,.

Pabung Lobar Kodim 1606/Mataram, Letkol Inf Abdul Haris mengungkapkan, “Kegiatan ini juga menandai komitmen bersama dalam membangun masyarakat yang tangguh dan siap menghadapi bencana. Dengan pelatihan seperti ini, Sekotong Barat bergerak maju menuju masa depan yang lebih aman bagi warganya,” tegasnya. (Pendim Mataram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *