Babinsa Karang Baru dan KLHK Kolaborasi Bersihkan Sungai Jangkok dalam Harmonisasi Konservasi Lingkungan

Mataram, NTB – Dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Karang Baru, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-05/Mataram berkolaborasi dengan Direktur Penangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bank Sampah, Lurah Karang Baru, dan sejumlah komunitas peduli kebersihan Kota Mataram, gotong royong bersihkan sampah dalam Harmonisasi Konservasi Lingkungan di sepanjang Sungai Jangkok, Lingkungan Taman Baru, Kelurahan Karang Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Senin (11/12/2023).


Perwakilan Direktur Penanganan Sampah KLHK, menjelaskan, “Harmonisasi konservasi lingkungan merujuk pada usaha untuk mencapai keselarasan atau keseimbangan antara upaya konservasi alam dan perlindungan lingkungan dengan kebutuhan dan aktivitas manusia. Tujuan dari harmonisasi ini adalah untuk memastikan bahwa pelestarian sumber daya alam dan ekosistem tidak bertentangan dengan pembangunan dan keberlanjutan sosial ekonomi,” jelasnya.

Babinsa Karang Baru, Serma Junaidi yang turtut mendampingi perwakilan KLHK tersebut, mengatakan, “Harmonisasi konservasi lingkungan yang dilaksanakan di Sungai Jangkok ini mendapat perhatian khusus, dimana Sungai Jangkuk salah satu sungai yang membentang di dalam kota, dan upaya Harmonisasi konservasi lingkungan ini diharapkan dapat bersih dari sampah yang mengotori pinggiran sungai,” ucapnya.

Babinsa juga menambahkan, “Aksi ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari Anggota TNI, pemerintah daerah, lembaga penangan sampah, dan komunitas peduli sampah,” tambahnya.
“Kegiatan ini salah satu upaya kita bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kami menghimbau kepada semua masyarakat, untuk bersama-sama jaga dan tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam,” harap Serma Junaidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *