HUT TNI ke-78: Semangat Patriotisme dan Komitmen untuk Demokrasi

Mataram, NTB – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) dengan tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” berlangsung dengan meriah di Lapangan Trisula Yonif 742/SWY, Lingkungan Sapta Marga Gebang, Kelurahan Sapta Marga, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Kamis (5/10/2023).

Acara dipimpin langsung oleh Komandan Komando Resor Militer (Korem) 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.IP, M.IP, M.Han., bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara ini juga turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Pj. Gubernur NTB, Ketua DPRD Provinsi NTB, Kapolda NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Kabinda NTB, Kajati NTB, Kepala Pengadilan Tinggi NTB, Kepala BNN Provinsi NTB, Wakapolda NTB, serta berbagai tokoh dari berbagai instansi dan komponen masyarakat lainnya. Jumlah tamu undangan mencapai sekitar 1000 orang.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menjelaskan, “Upacara ini mengikuti susunan pasukan yang terdiri dari berbagai elemen, termasuk pasukan gabungan dari TNI AD, AL, AU, dan Polri, serta komponen lainnya seperti Pramuka dan ASN TNI,” ucapnya usai melaksanakan Apel.

Dalam amanatnya, Komandan Korem (Danrem) 162/WB menyampaikan beberapa poin penting. Salah satunya adalah, “komitmen TNI dalam menjaga stabilitas keamanan nasional dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk,” ucapnya.

“Selain itu, tema HUT TNI ke-78 yang mengusung TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju. mencerminkan pentingnya peran TNI dalam mengawal demokrasi dan menjaga keutuhan bangsa,” tambahnya.

Danrem 162/WB juga menekankan, “pentingnya penguatan budaya strategis prajurit TNI, kemandirian dalam industri pertahanan, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Seluruh prajurit TNI diingatkan untuk tetap netral dalam pemilihan umum dan menjaga nama baik TNI,” Tegas Brigjen TNI Agus Bhakti, S.IP, M.IP, M.Han.

Rangkaian kegiatan upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan meriah, mencerminkan semangat patriotisme dan komitmen TNI untuk menjaga keselamatan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Setelah selesai upacara, terdapat acara tambahan seperti demonstrasi Sparko dan Karate dari Yonif 742/SWY, Display Drumband Cakra Wira Yudha Yonif 742/SWY, serta acara syukuran dan pembagian door prize.

“Upacara peringatan HUT TNI ke-78  ini menjadi momentum penting untuk merayakan peran TNI dalam menjaga keamanan dan demokrasi di Indonesia, serta menguatkan komitmen untuk masa depan yang lebih baik.,” tutup Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.IP, M.IP, M.Han.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *