Program Bedah Bale Swadaya: Kisah Inspiratif Renovasi Rumah dan Kepedulian Sosial

Lombok Barat, NTB – Kepedulian dan kerja sama yang terjalin antara Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram dan Lembaga Amil Zakat Daerah Swadaya Masyarakat Nusa Tenggara Barat (LAZDASI NTB), dalam sebuah gerakan sosial untuk mengayomi dan mensejahterakan masyarakat. Kodim 1606/Mataram dan LAZDASI NTB telah mengambil langkah nyata dalam membantu warga yang membutuhkan melalui program Bedah Bale Swadaya/Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pompanisasi dengan pembangunan sarana MCK di Dusun Lendang, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, Jum’at (7/6/2024).

Inaq Ruminah, seorang warga Dusun Lendang, yang mendapat bantuan tersebut kini dapat tersenyum lebar melihat rumahnya yang sebelumnya tidak layak huni, bertransformasi menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman dan sehat. “Program ini tidak hanya memberikan harapan baru bagi Inaq Ruminah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial serupa,” tutur Anwar, Kepala Desa (Kades) Sesela.

Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., dalam sambutannya mengungkapkan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kodim 1606/Mataram dan LAZDASI NTB dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui kolaborasi ini, Kami berharap dapat terus mendorong semangat gotong royong dan kepedulian sosial di tengah masyarakat,” harapnya.

Ibu Susanti, salah satu pengurus LAZDASI NTB, menuturkan, “Kisah Inaq Ruminah adalah salah satu dari banyak cerita yang menunjukkan betapa pentingnya sinergi antar lembaga dalam mewujudkan perubahan sosial yang positif untuk masyarakat,” tuturnya.

“Dengan tangan-tangan yang terulur untuk membantu, program Bedah Bale Swadaya ini diharapkan akan terus berkembang dan menyentuh lebih banyak kehidupan di masa yang akan datang,” tutunya. Pendim Mataram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *