Babinsa Bagik Polak Ajarkan Warga Cara Menanam dan Merawat Lengkuas demi Peningkatan Produksi

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Bagik Polak, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan membantu warga membersihkan lengkuas hasil panen salah seorang warga binaannya di Dusun Enjak, Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Jum’at (2/2/2024).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan sinergitas antara TNI dan masyarakat, khususnya dalam bidang pertanian. Lengkuas adalah salah satu komoditas unggulan di Desa Bagik Polak yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, lengkuas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan kesuburan pria, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, membunuh dan menghambat perkembangan virus dan bakteri, serta mengurangi risiko terkena kanker.

Babinsa Bagik Polak, Serka Akhmad Supiandi, mengatakan bahwa dirinya bersama warga membersihkan lengkuas dari tanah dan akar yang menempel, kemudian memotong-motongnya menjadi ukuran yang sesuai untuk dijual. Ia juga memberikan beberapa tips kepada warga tentang cara menanam, merawat, dan memanen lengkuas dengan baik.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini, warga dapat meningkatkan produksi dan kualitas lengkuas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Kami juga berharap hubungan antara TNI dan masyarakat semakin harmonis dan solid,” ujar Serka Akhmad Supiandi.

Sementara itu, warga binaan Babinsa Bagik Polak, Bapak Lalu Muhammad Takdir, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Babinsa. Ia mengaku senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Alhamdulillah, saya merasa senang dan terbantu dengan adanya bantuan dari Babinsa. Lengkuas yang saya panen hari ini cukup banyak, sekitar 200 kg. Saya berencana menjualnya ke pasar atau ke pengepul dengan harga Rp15.000/kg. Ini merupakan penghasilan tambahan bagi saya dan keluarga,” ungkap Bapak Lalu Muhammad Takdir.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar, yang menyaksikan Babinsa dan warga bahu-membahu membersihkan lengkuas. Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan oleh Babinsa di desa mereka.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, karena menunjukkan kepedulian dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat. Kami berharap Babinsa dapat terus membantu kami dalam hal pertanian, karena ini merupakan sumber penghidupan kami,” ucap Inaq Juma, salah seorang warga setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *