Program TNI Manunggal Air, Dandim 1606/Mataram Kunjungi Lokasi Pompa Hidram di Desa Presak

Lombok Barat, NTB – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., melakukan kunjungan ke lokasi pemasangan pompa hidram di Desa Presak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum’at (12/1/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek progres pemasangan pompa hidram yang merupakan program TNI AD dalam mengatasi kesulitan air bersih bagi warga setempat.

Dalam kunjungannya, Dandim 1606/Mataram didampingi oleh beberapa perwira dan anggota Kodim 1606/Mataram, serta perwakilan dari Lembaga Amal Zakat Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abas (LAZDASI) NTB, yang merupakan mitra dalam program ini. Dandim 1606/Mataram juga disambut oleh Kepala Desa Presak, Bahri S.I.P., dan Sekretaris Desa Presak, Hariadi Susanto, serta tokoh masyarakat setempat.

Dandim 1606/Mataram mengatakan, “program tersebut merupakan arahan pimpinan atas dalam hal membangun dan memasang pompa hidram bagi warga masyarakat yang kekurangan air. “Harapan saya untuk Ibu dari lembaga LAZDASI agar mau bekerja sama dengan Babinsa saya ataupun anggota saya dalam membantu mengatasi kesulitan warga setempat yang kekurangan air,” ujar Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.

Ia juga berharap, dengan adanya pompa hidram, warga dusun Presak yang kekurangan air bersih dapat terbantu. “Bahwa dengan adanya pompa hidram harapan saya dapat menyuplai air kepada warga dusun Presak yang kekurangan air bersih,” Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Presak, Bahri S.I.P., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1606/Mataram dan anggotanya, serta LAZDASI yang sudah memperhatikan warga desa Presak. Ia juga mengatakan bahwa nanti untuk pemeliharaan pompa hidram yang sudah terpasang akan diserahkan kepada Desa Presak dan pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta ±200 kepala keluarga yang akan memanfaatkannya. “Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meminimalisir pemakaian listrik untuk mesin yang lama, dan bagi warga yang kurang mampu bantuan tersebut sungguh sangat bermanfaat bagi kami,” tuturnya.

Pasi Ter Kodim 1606/Mataram, Mayor Inf A.A Rai Budiana, menjelaskan bahwa pembangunan pompa hidram ini berdasarkan informasi dari Babinsa bahwa ada beberapa dusun yang kesulitan mendapatkan air bersih dan pihaknya menindaklanjuti kemudian melaporkan kepada Komandan Kodim 1606 / Mataram. “Kegiatan ini sebagai bentuk nyata pengayom dan mengatasi kesulitan rakyat di wilayah binaan Kodim 1606 Mataram,” ungkapnya.

Selain mengecek bak penampungan air di dusun Presak Utara, rombongan Dandim 1606/Mataram juga meninjau lokasi mata air di dusun Tebao dan dusun Temas yang menjadi sumber air untuk pompa hidram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *