Pasang Pompa Hidram di Desa Peresak, Lombok Barat: Solusi Baru Air Bersih untuk 200 Keluarga dari Kodim 1606/Mataram

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya meningkatkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada bersama dengan warga memasang Pompa Hidram di Dusun Peresak Utara dan Selatan, Desa Peresak, Lombok Barat, Kamis (4/1/2024).

Proyek ini diinisiasi Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram guna menyalurkan kebutuhan air bersih bagi 200 Kepala Keluarga (KK) di wilayah Desa Peresak. Pompa Hidram ini diharapkan menjadi solusi dalam penyaluran air bersih dengan memanfaatkan energi hidrolik.

Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Kodim 1606/Mataram, Mayor Inf A.A Gede Rai Budiana, menjelaskan, “Tidak hanya pemasangan Pompa Hidram, namun proyek ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya. Mulai dari pembuatan Bak Transit berukuran 1,5 x 1,5 meter, pelangsiran material pasir, batu, hingga perakitan besi. Semua tahapan tersebut dilakukan dengan kolaborasi yang baik antara anggota Koramil 1606-08/Narmada dan masyarakat setempat,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Pada proses pembuatan Bak Transit, diharapkan dapat memberikan wadah yang cukup untuk menampung air hasil pompa. Sementara itu, pelangsiran material pasir dan batu dilakukan untuk mendukung infrastruktur pendukung proyek ini. Proses perakitan besi menjadi langkah kunci dalam menjamin kehandalan Pompa Hidram tersebut,” tambahnya.

“harapannya agar proyek ini dapat menjadi contoh dalam upaya penyediaan air bersih di wilayah-wilayah yang jauh dari sumber air,” harapnya.

“Kami berterima kasih atas partisipasi aktif dan kerjasama dari LAZ DASI NTB dan seluruh masyarakat setempat dalam mewujudkan proyek ini. Semoga Pompa Hidram di Dusun Peresak Utara dan Selatan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kesejahteraan dan keberlanjutan lingkungan,” pungkas Pasi Ter Kodim 1606/Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *