Koramil 1606-08/Narmada dan Puskesmas Sigerongan Sosialisasikan Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Kebersihan Lingkungan di Dusun Langko Bat

Lombok Barat, NTB -Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada, melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Langko, Bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Sigerongan menggelar sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Gotong Royong Kebersihan Lingkungan di Dusun Langko Bat, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Minggu (29/10/2023).

Kegiatan diikuti oleh, Petugas PSN dari Puskesmas Sigerongan Heru Sartika A.Md.Kep., serta Kepala unsur kewilayahan Langko Bat Dedi Mizwar.

Dalam Sosialisasi tersebut penyampaian Petugas PSN, Heru Sartika A.Md.Kep, menerangkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat. Mengingat beberapa hari kedepan akan memasuki musim penghujan, untuk itu kami mengingatkan dan mengajak seluruh Masyarakat untuk bersiap menghadapinya dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan,” jelasnya.

“Sosialisasi ini merupakan upaya bersama pemerintah desa, petugas kesehatan, dan aparat keamanan desa untuk memastikan lingkungan tetap bersih dan bebas dari sarang nyamuk yang dapat membahayakan kesehatan.” Tuturnya.

Heru menambahkan, “Kehadiran Babinsa Langko dan pihak terkait dalam kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang kuat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” tambahnya.

Babinsa Langko, Sertu Muhammad Faesal, mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan sosialisasi PSN dan gotong royong ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat Dusun Langko Bat.  “Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan DBD, melalui pemberantasan sarang nyamuk dan menjaga kebersihan lingkungan dengan mengenali jenis-jenis sampah yang dapat menjadi sumber perkebangan jentik nyamuk.” Tegasnya.

“Koramil 1606-08/Narmada dan seluruh yang terlibat dalam sosialisai ini berharap dapat menjadi contoh, dan langkah awal masyarakat dalam mengantisipasi perkebangbiakan jentik-jentik nyamuk. Salah satu cara yakni dengan menebar serbuk abate yang telah di bagikan oleh petugas, serta menjaga kebersihan lingkungan dengan memisahkan sampah plastik dan rumah tangga.” Harap Babinsa Langko Sertu Muhammad Faesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *