Babinsa Cakra Selatan dan Dinas Peternakan Mataram Bersatu Lawan Rabies

Mataram, NTB – Dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan serta mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayahnya, Dinas Peternakan Kota Mataram bekerja sama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cakra Selatan dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01/Cakranegara melaksanakan  suntik rabies di Lingkungan Karang Keciak, Kelurahan Cakra Selatan, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram pada Rabu (4/10/2023).

Dalam laporannya, Babinsa Cakra Selatan Sertu Muh. Nur menjelaskan tujuan utama dari program ini, yakni menjaga kesehatan dan keselamatan warga binaan serta mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah binaan. “Kolaborasi erat antara Babinsa Cakra Selatan, petugas peternakan, dan pemilik hewan peliharaan di Lingkungan Karang Keciak berharap program tersebut menjadi awal dalam penanggulangan wabah rabies,” jelasnya.

Sertu M. Nur menekankan pentingnya kerjasama ini dengan mengungkapkan, “Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua hewan peliharaan di Lingkungan Karang Keciak telah divaksinasi terhadap rabies.” Tegasnya.

Tindakan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh Babinsa Cakra Selatan dan Dinas Peternakan Kota Mataram dalam menjaga kesehatan dan keselamatan warga serta hewan peliharaan di wilayah tersebut. Mereka berharap program ini dapat menjaga keadaan tetap aman dari penyebaran rabies dan memberikan manfaat bagi seluruh warga binaan.

Dinas peternakan kota Mataram I Wayan Mantra, juga mengajak seluruh warga yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing yang belum disuntik rabies, untuk segera melaporkan diri kepada petugas agar dapat dilakukan penyuntikan rabies yang diperlukan.

“Dengan adanya program suntik rabies ini, Dinas Peternakan Kota Mataram dan Babinsa Cakra Selatan berharap wilayah Lingkungan Karang Keciak dan sekitarnya akan tetap bebas dari ancaman penyakit rabies. Mereka tetap siap untuk terus mendukung kesehatan dan keselamatan warga serta hewan peliharaan di wilayah ini,” Tutup I Wayan Mantra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *