Musibah Kebakaran di Gili Indah, Danposramil Pemenang Bersama Warga dan Wisatawan Berjibaku Padamkan Api

Lombok Utara, NTB – Dalam kejadian yang menimbulkan kepanikan, Komandan Pos Rayon Militer (Danposramil) Pemenang Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-02/Tanjung, Sertu Runianto, menunjukkan keberanian dan ketangguhan saat membantu pemadaman kebakaran yang terjadi di Lahan milik Sdri. Hj. Suryani, yang berlokasi di RT.01 Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lomok Utara, Minggu Sore (30/7/2023).

Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 14.00 WITA, ketika Sdri. Hj. Suryani tengah berada di sekitar lahan miliknya. Api dengan cepat menjalar dan membakar rumput kering serta semak belukar yang mengelilingi area tersebut. Kondisi angin kencang membuat api semakin meluas dan sulit dikendalikan oleh masyarakat setempat dan wisatwan yang berusaha melakukan pemadaman dengan sumber daya yang terbatas.

Tidak tinggal diam dalam situasi yang mengancam keselamatan warga dan lahan/bangunan yang terbakar, Sertu Runianto segera merespons kejadian tersebut. Dengan sigap, Danposramil Pemenang ini langsung berkoordinasi dengan warga Desa Gili Indah untuk membantu upaya pemadaman kebakaran.

Dalam laporannya, Sertu Runianto mengatakan, “Bekerja sama dengan warga sekitar, kami bersama dengan tim pemadam kebakaran, warga, dan wisatawan berusaha keras mengepung api agar tidak merambat lebih jauh,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan rasa syukurnya kepada seluruh anggota tim pemadam kebakaran dan warga masyarakat yang telah bekerja sama dengan penuh semangat dalam mengatasi musibah ini. Dia juga mengingatkan pentingnya kesadaran akan bahaya kebakaran dan upaya perlindungan lingkungan, terutama di musim kemarau seperti saat ini.

“Semoga kejadian ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak tentang pentingnya kesiapsiagaan dan kerjasama dalam menghadapi situasi darurat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan agar kebakaran serupa tidak terjadi di masa yang akan datang,” pesannya usai api berhasil di padamkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *