Dukung Ketahan Pangan, Babinsa Segarkaton Koramil 1606-10 Gangga Bantu Warga Tanam Bawang

Lombok Utara, NTB – Dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Segarkaton Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga memberikan bantuan dan bimbingan kepada warga dalam kegiatan penanaman bawang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi warga dalam mengembangkan hasil pertanian di Dusun Papak, Desa Segarkaton, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Kamis (6/7/2023).

Dalam beberapa bulan terakhir, warga di Desa Segarkaton, telah melakukan upaya peningkatan produksi bawang sebagai salah satu komoditas yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi. Namun, banyak dari mereka yang masih kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penanaman bawang yang optimal.

Merespons kebutuhan tersebut, Babinsa Segarkaton Serda Agung Wijaya secara aktif terlibat dalam membantu warga dengan memberikan bimbingan teknis mengenai persiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, teknik penanaman yang tepat, pemeliharaan tanaman, dan penanganan hama serta penyakit yang mungkin muncul selama proses penanaman.

Dalam wawancara singkat, Serda Agung Wijaya, menyampaikan, “Kami sangat senang dapat membantu warga dalam penanaman bawang ini. Kami berharap dengan adanya bantuan dan bimbingan yang kami berikan, para petani lokal dapat meningkatkan hasil panen mereka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar.” Ucapnya.

Upaya Babinsa Segarkaton Komando Rayon Militer 1606-10/Gangga ini mendapat apresiasi yang tinggi dari warga setempat. Mereka merasa terbantu dan berharap adanya program-program serupa yang dapat terus dilakukan untuk membantu pengembangan pertanian di daerah tersebut.

Dengan bantuan dan bimbingan dari Babinsa Segarkaton, diharapkan masyarakat Desa Segarkaton dapat meningkatkan kemandirian pangan dan mencapai peningkatan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang berkelanjutan.
Selain itu, Babinsa Segarkaton juga akan membantu menyediakan bibit bawang yang berkualitas dan pupuk yang dibutuhkan oleh warga. “Bantuan ini diharapkan dapat membantu warga dalam memperoleh hasil yang optimal dan meningkatkan produktivitas pertanian,” tegasnya.

Babinsa Segarkaton juga berencana akan mengadakan pelatihan komunitas yang melibatkan warga desa dan petugas dari Dinas Pertanian setempat. Dalam pelatihan ini, para Babinsa memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis mengenai penanaman bawang yang baik serta memberikan saran-saran yang berguna bagi para petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *