Babinsa Koramil 1606-08 Narmada Bersama Polsek Narmada Bantu Revitalisasi Situs Budaya Taman Narmada

Lombok Barat, NTB – Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08 Narmada, dan anggota Polsek Narmada turut berperan aktif dalam upaya revitalisasi situs budaya yang bernilai sejarah, yaitu Taman Narmada. Kolaborasi yang erat antara Babinsa dan Polsek ini telah menghasilkan kemajuan yang signifikan dalam pelestarian warisan budaya daerah.

Taman Narmada, yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Sayangnya, selama beberapa tahun terakhir, situs ini mengalami penurunan perhatian dan keadaan yang memprihatinkan. Oleh karena itu, Babinsa Koramil 1606-08 Narmada bersama Polsek Narmada mengambil inisiatif untuk membantu memulihkan dan memperbaiki keadaan taman ini.

Dalam upaya revitalisasi tersebut, Babinsa dan anggota Polsek Narmada bekerja sama melakukan berbagai kegiatan, seperti membersihkan dan merawat taman, memperbaiki fasilitas yang rusak, pengecatan, serta mengadakan kampanye kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keasrian taman.

Pelda Sutrisno perwakilan Babinsa Koramil 1606-08 Narmada yang terlibat dalam kegiatan tersebut, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk melestarikan situs budaya yang berharga ini agar tetap dapat dinikmati oleh generasi masa depan. Dengan melibatkan masyarakat, kami yakin kita dapat mencapai tujuan ini bersama-sama.” Jelasnya, Rabu (21/6/2023).

Dalam sambutannya, Kapolsek Narmada, Kompol Kadek Metria S.Sos, S.H., M.H., menyampaikan apresiasinya kepada Babinsa dan seluruh anggota yang terlibat dalam revitalisai ini. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung pelestarian warisan budaya lokal.
“Dengan adanya kerja sama yang baik antara Babinsa dan Polsek Narmada, kita telah membuktikan bahwa kebersamaan dan kepedulian terhadap warisan budaya merupakan kunci untuk mencapai kemajuan dalam pelestarian situs-situs bersejarah,” ujarnya.

Revitalisasi Taman Narmada yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1606-08 Narmada bersama Polsek Narmada adalah contoh nyata kolaborasi yang sukses dalam menjaga dan memulihkan warisan budaya. Semoga upaya ini menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia untuk melestarikan situs-situs bersejarah yang berharga demi masa depan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *