Kodim 1606 Mataram Gelar Karya Bakti Pembangunan Saluran Irigasi Pertanian Bersama PUPR

Lombok Barat, NTB – Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Karya Bakti bersama dalam pembangunan saluran irigasi pertanian di Dusun Tegal, Desa Jagaraga, Kecamatan Kediri, Lombok Barat (Lobar),  Kamis (1/6/2023).

Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di wilayah teritorial Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, dengan memastikan pasokan air yang cukup untuk lahan pertanian.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah personel Koramil 1606-04/Gerung bersama dengan warga dan tim teknis dari PUPR, bekerja sama secara sinergis untuk membangun saluran irigasi baru di wilayah yang membutuhkan.

Kegiatan Karya Bakti ini menjadi bukti konkret kolaborasi antara Kodim 1606 Mataram dan PUPR dalam mendukung sektor pertanian. Saluran irigasi yang baik dan efisien akan meningkatkan efektivitas pengairan, memungkinkan petani untuk mengatur pasokan air secara optimal, dan meningkatkan hasil panen. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan negara.

Kepala Urusan (Kaur) Bakti Seksi Teritorial Kodim (Siterdim) 1606 Mataran, Lettu Inf Akhmad Tauqit, yang turut terlibat dalam kegiatan ini, mengungkapkan bahwa TNI sebagai garda terdepan bangsa siap untuk mendukung pembangunan sektor pertanian Indonesia. “TNI selalu siap sedia untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan. Kali ini, kami berkolaborasi dengan PUPR dalam memperkuat sektor pertanian melalui pembangunan saluran irigasi yang handal. Kami berharap hal ini dapat berdampak positif bagi kesejahteraan petani dan ketahanan pangan negara,” ujarnya.

Kepala Operasi dan Pemeliharaan Bidang SDA PUPR Lobar Amir Ansi Alhaer, ST., yang juga turut hadir dalam acara tersebut, menyambut baik kolaborasi dengan TNI dan mengapresiasi peran TNI dalam pembangunan infrastruktur. “Kami sangat menghargai dukungan TNI dalam mengimplementasikan program pembangunan infrastruktur di sektor pertanian. Kolaborasi ini akan mempercepat peningkatan produktivitas sektor pertanian dan mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan,” katanya.

Kaur Siterdim 1606 Mataram menambahakan, “Kegiatan Karya Bakti ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi instansi pemerintah lainnya serta sektor swasta untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur pertanian. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan dapat terwujud infrastruktur pertanian yang lebih baik, yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan sosial, dan memperkuat ketahanan pangan Indonesia,” pungkasnya.

Diharapkan, hasil dari Karya Bakti ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi petani dan masyarakat luas serta menjadi langkah konkrit dalam mencapai visi pemerintah untuk mencapai kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *